Sunday, September 22, 2013

Cara Melihat History Twitter

Twitter adalah salah satu dari sosial media yang paling digemari oleh para penghuni dunia maya. Salah satu ciri yang begitu kentara dari twitter adalah begitu cepatnya arus informasi itu mengalir (flooding information). Dalam beberapa detik saja, begitu banyak informasi yang tersajikan. Salah satu penyebabnya adalah jumlah karakter yang terbatas yaitu 140 karakter. Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan facebook atau google plus yang mengizinkan kita membuat status dengan kalimat yang panjang.

Maka banyak orang yang berlomba untuk update status sebanyak mungkin. Bahkan ada diantara mereka yang membuat status bersambung atau biasa dikenal istilah kultwit (kuliah twitter). Namun terkadang kita juga ingin melihat kembali status-status kita yang dulu. Manualnya, kita akan melakukan scroll ke bawah hingga menemukan status yang kita ingin lihat. Namun, itu akan menjadi masalah jika status yang ingin kita lihat adalah status yang kita buat beberapa bulan yang lalu. Berapa lama kita akan melakukan scroll kebawah?

Sebenarnya ada beberapa cara bagaimana melihat history dari status-status kita di twitter. Pada tulisan kali ini saya ingin membahas sedikit cari dari beberapa diantaranya. 

Twitter Archive 

Cara pertama adalah dengan mendownload archive twitter.


Jadi per bulan, ada archive twitter yang bisa lihat. Jikalau kita ingin memposting kembali status-status terbaik kita di masa yang lalu, kita tinggal melihat history pada bagian archive ini. Mudah bukan?.

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana caranya melihat archive ini?
Sebenarnya caranya cukup mudah. Pertama silahkan login dulu ke akun twitter. Kemudian masuk ke bagian setting dan klik bagian account. Pada bagian paling bawah ada tulisan : request your achive. Silahkan klik lagi bagian ini.

Cara Melihat History Twitter

Setelah di klik bagian tersebut, maka twitter akan mengirimkan email kepada kita. Tentu saja, email tersebut adalah email yang digunakan untuk daftar di twitter. Setelah email kita terima, maka kita perlu melakukan verifikasi via email tersebut untuk bisa melakukan download archive (pada bagian setting tadi). Dan berikut ini adalah isi dari archive twitter yang sudah kita download.

Cara Melihat History Twitter, archive twitter

Langkah terakhir adalah tinggal kita buka file index, maka akan muncul history twitter yang berisi status-status kita lengkap dari awal.

Allmytweet

Cara kedua adalah dengan menggunakan situs allmytweet.net. Situs ini memungkinkan kita untuk melihat sekitar 3000 lebih status-status twitter yang telah lalu dalam satu halaman. Cara menggunakannya sangat mudah. Kita hanya perlu login di situs tersebut dengan menggunakan akun twitter kita.



Oke demikian dua cara mudah bagaimana mengetahui history dari twitter. Selamat mencoba kawan, semoga berhasil dan jangan lupa follow twitter kami di @caranya_gimana.



No comments:

Post a Comment