Thursday, September 5, 2013

Belajar SEO : Bagaimana Cara Search Engine Bekerja

SEO

Kita mungkin sering mendengar kata SEO (Search Engine Optimization) untuk mengoptimasi blog kita sehingga bisa mendapatkan ranking tertinggi dalam proses pencarian Google. Tapi mungkin masih sedikit diantara kita yang mengerti bagaimana sih SEO itu bekerja. Di dalam pikiran kita mungkin terbayang sesuatu program dengan proses kerja yang sangat rumit yang dilakukan oleh Google.

Bagaimana SEO Bekerja

Berikut ini adalah penjelasan secara mudah bagaimana proses kerja dari sistem search engine.
  • Crawling
  • Crawling adalah proses mengumpulkan semua page / halaman yang terhubung dari sebuah website. Proses ini dilakukan oleh sebuah tool atau software yang dinamakan dengan crawler atau spider.

  • Indexing
  • Indexing adalah sebuah proses membuat index dari semua page/halaman dari website yang sudah dikumpulkan. Kemudian semua index ini dibuat menjadi sebuah database yang besar, dan sehingga suatu saat nanti bisa di retrieve (diambil) kembali. Pada intinya, proses indexing ini adalah proses identifikasi kata atau kalimat yang paling baik dalam menjelaskan sebuah page, dan bagaimana page tersebut paling sesuai dengan keyword.

  • Processing
  • Dimana ada permintaan untuk 'searching', maka search engine akan memprosesnya. Lebih jelasnya adalah proses membandingkan string keyword yang dimasukkan dalam proses seraching dengan semua index yang ada di database.

  • Retrieving Results
  • Ini adalah proses terakhir dari search engine, yaitu proses mengambil hasil terbaik. Lebih sederhananya adalah proses ini tidak lebih dari sekadar menampilkan mereka pada browser internet.

Mesin pencari seperti Google dan Yahoo sering mengupdate algoritma berkali-kali dalam sebulan. Ketika terjadi perubahan posisi ranking artikel kita di SERP karena terjadi perubahan algoritma yang dilakukan tanpa sepengetahuan dan kontrol kita. Prinsip dasar dari proses operasi searching dari berbagai mesin pencari itu relatif sama, hanya ada beberapa perbedaan kecil dalam bidang algoritma.

Demikian sedikit berbagi cerita bagaimana cara search engine bekerja. Semoga bermanfaat bagi para pembaca, dan mengharapkan jika ada tambahan informasi atau koreksi dari artikel ini.

Jangan lupa follow twitter kami : @caranya_gimana




No comments:

Post a Comment