Monday, August 26, 2013

Cara Promosi Blog dengan Sosial Bookmark Delicious


I use Delicious with my students all the time. I put everything in there. It’s so easy, that’s the beauty of it.”—Michelle A. Wolf, College Professor

Sebagai orang yang awam dalam dunia blogging, saya mencoba mempelajari bagaimana caranya agar blog saya secepat mungkin bisa dikenal oleh khalayak umum. Namun, memang membuat blog menjadi terkenal bukanlah pekerjaan yang mudah. Tak semudah seperti membalik telapak tangan. Ada beberapa tahapan yang
harus kita lewati. Seperti yang dinukil pada petual Imam Syafi'i yang berbunyi : ".. Kelezatan hidup ada pada keletihan". Kita tidak bisa akan menikmati sebuah kesuksesan dan kelezatan dari sebuah hasil, tanpa ada keletihan dalam menggapainya atau yang menyertainya.

Seperti juga dalam perjuangan mengenalkan sebuah blog. Tidak ada hasil hebat yang diperoleh secara instan. Kita perlu bersabar dan berletih-letih terlebih dahulu dalam sebuah perjuangan.

Setelah sebelumnya saya membahas penggunaan sosial bookmark seperti stumbleupon, digg, dan myspace, maka pada kesempatan artikel kali ini saya mencoba membahas penggunaan media sosial bookmark yang lain yaitu Delicious.


Apa itu Delicious

Delicious adalah sebuah situs yang didesain untuk memudahkan penggunanya untuk menyimpan apa saja yang disukai dari internet. Entah itu berupa artikel, foto, video, ataupun musik.

Semisal kita menyukai sebuah artikel yang sangat bagus di internet, maka kita tidak perlu mencatatnya di sebuah kertas atau sebuah file di komputer kita. Kita hanya perlu mensubmitnya di situs Delicious. Kita bisa mengajak komunitas kita bergabung di Delicious dan sharing tentang apapun yang menarik dari internet. 


Delicious untuk mendatangkan trafik

Tentu saja Delicious bisa menjadi bagian dari salah satu cara mendatangkan trafik ke blog kita, apalagi jika ternyata banyak orang yang tergabung dalam situs ini. Jika kita bisa menuliskan 'tag' yang sesuai dengan apa yang dicari banyak orang, maka kemungkinan besar orang akan menemukan link yang sudah kita submit di Delicious. Tuliskan 'tag' dengan keyword / kata kunci yang tepat. 

Meskipun berdasarkan pengalaman dari penulis bahwa trafik yang dihasilkan Delicious tidak sebesar Stumbleupon ataupun Myspace, tapi tidak ada ruginya kita menambahkannya bukan. 


Cara Bergabung Delicious

Baiklah berikut ini adalah cara bagaimana bergabung dengan situs Delicious. Sebenarnya caranya sangat mudah, namun tidak ada salahnya jika saya berikan langkah-langkahnya berikut ini : 

1. Kunjungi situs www.delicious.com.  
2. Kemudian lihat pada bagian pojok kanan atas, create an account
Kita bisa daftar dengan menggunakan akun facebook dan twitter kita. Jadi insyaAllah ini akan lebih mudah jika dibandingkan jika kita mendaftar melalui email, karena kita perlu mengisi data-data lagi. 
3. Jika kita sudah berhasil mendaftar, maka kita tinggal mempromosikan blog kita dengan sumbit artikel kita di bagian add link

Semoga artikel saya ini bermanfaat bagi teman-teman semua. Selamat mencoba! 

---------------
Follow twitter : @caranya_gimana

14 comments:

  1. Right, sangat bermanfaat. Syukron

    ReplyDelete
  2. mantap gan,,
    mencoba mengais trafik :D
    http://nuswantaranews.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he. selamat mengais trafik. Semoga artikel ini bermanfaat.

      Delete
  3. Artikel job banget deh bisa bermanfaat bayak

    ReplyDelete
  4. makasi gan atas infonya...
    nongkrong di blog q y...

    http://beritaanaknegeri.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. o jd benng merahnya pd saat mengisi tag ya kang?
    tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Najla Alliya : iya betul. sudah mencoba apa belum?

      Delete
  6. Replies
    1. Hai San Diego Hills, senang sekali bisa menulis artikel yang berguna bagi orang lain. Semoga semakin rajin update tulisannya.

      Delete
  7. Replies
    1. Hai Allsoftware, terima kasih sudah berkunjung di blog sederhanaku. Semoga bermanfaat.

      Delete
  8. Hai Diana, wah kayaknya lapaknya menarik.

    ReplyDelete