Sunday, March 1, 2020

Cara Melihat Daerah Banjir di Jakarta

Disaat musim penghujan begini tentu sudah sangat biasa bila kita mendengar berita banjir ada dimana-mana. Tidak hanya di Jakarta saja, melainkan berbagai daerah di pulau Jawa juga tak luput dari bencana banjir. Namun provinsi DKI Jakarta tetaplah menjadi bahan diskusi paling hangat (kalau tidak mau disebut sebagai bahan diskusi yang panas dengan berbagai debatnya). Tetapi dalam tulisan kali ini saya tidak sedang membahas siapa yang harus disalahkan akibat banjir ini. Saya akan membahas sebuah tema yang menarik dan berguna bagi semua orang.

cara mengetahui lokasi titik banjir di Jakarta
Ilustrasi Banjir

Hari selasa, 25 Februari 2020 beberapa
titik di daerah Jakarta terendam banjir. Saya sendiri berasal dari luar wilayah DKI dan pada hari kamis-nya (2 hari berikutnya) saya ada jadwal pergi ke Jakarta karena sebuah urusan. Info dari seorang kawan yang baru saja naik kereta, perjalanannya terlambat dikarenakan beberapa titik jalur kereta api terendam banjir. Tak tanggung-tanggung, jadwal perjalanannya terlambat 5 jam. Wow!

Sedikit banyak informasi ini membuat saya menjadi risau. Saya harus mengahiri sebuah acara seminar yang akan diadakan di Menara Kadin, jakarta Selatan pada hari kamis. Saya berharap tidak datang terlambat dan berdoa semoga banjir ini segera surut.

Nah kabar baiknya adalah sebenarnya kita bisa memantau lho lokasi-lokasi yang ada di daerah provinsi DKI Jakarta secara real time. Kita bisa memantau apakah daerah yang akan kita kunjungi tersebut sedang direndam banjir atau tidak. Yup, kita bisa memanfaatkan ratusan CCTV yang ada di Jakarta yang secara live bisa kita akses.

CCTV in the city

Cara mengetahui lokasi banjir yang ada di daerah DKI Jakarta sangatlah mudah. Kita bisa memanfaatkan situs resmi pemerintah provinsi DKI Jakarta yaitu www.smartcity.jakarta.go.id..

Caranya mudah sekali. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Masuk ke situs Smart City jakarta dengan alamat website : smartcity.jakarta.go.id

  • CCTV yang ada di jakarta
    Website Smart City Jakarta

  • Klik menu 'Peta' dan pilih menu 'CCTV Online'
  • CCTV Online Jakarta
    CCTV Online Jakarta

  • Di tab 'CCTV Online', silahkan pilih salah satu kamera yang ada.
  • Setelah klik salah satu kamera (semisal Bali Tower), maka akan muncul ratusan CCTV yang bisa kita lihat secara real time.
    CCTV Bali Tower
    Ratusan CCTV Bali Tower di Jakarta

  • Silahkan pilih salah satu lokasi yang ingin kita lihat, klik zoom untuk memperbesar.
  • Semisal saya ingin melihat lokasi jalan yang ada di Jalan Meutia, maka tinggal kita zoom-in dan klik CCTV yang ingin kita lihat.
    Zoom in untuk melihat lokasi yang spesifik

  • Klik pada video untuk memperbesar gambar.

  • Tampilan CCTV di jalan Meutia

Nah mudah kan teman-teman caranya. Dengan mudah kita bisa melihat jalanan yang ada di Jakarta melalui website tersebut. Dengan informasi ini kita bisa merencanakan untuk melewati jalan yang tidak terdampak banjir. Dan untuk daerah yang masih terkena banjir, semoga banjirnya segera surut, sehingga dapat melakukan kegiatan seperti sedia kala.

Semoga tulisan ini bermanfaat.


No comments:

Post a Comment