Saturday, June 8, 2013

Cara Meningkatkan Traffic Blog/Website

Seseorang mengatakan bahwa salah satu kekuatan dari internet adalah membantu pembaca untuk menemukan sesuatu yang mereka butuhkan. Layaknya sebagai seorang penjual, selama kita bisa menyediakan hal yang diperlukan di internet, maka pengunjung akan berbondong-bondong mengunjungi website kita. Namun, untuk mendatangkan trafik ke website kita bukan merupakan pekerjaan yang mudah atau bahkan instan. Perlu kesabaran dan konsistensi untuk mambangun sebuah blog/website bertrafik tinggi.

Pada tulisan kali ini, saya ingin berbagi ilmu bagaimana cara meningkatkan trafik sebuah blog/website.

Membuat artikel yang bermanfaat

Bisa dibilang, ini adalah cara terbaik untuk mendatangkan pengunjung yang banyak ke dalam sebuah blog. Ketika kita membuat sebuah artikel, pastikan di dalamnya ada permasalahan yang mungkin dialami oleh orang lain dan juga solusi dari permasalahan itu. Dengan demikian artikel kita sudah menjadi problem solver bagi pembaca. Ini yang membuat artikel kita pantas untuk dibaca oleh orang lain.

cara meningkatkan traffic blog/website

Membuat artikel unik dan original

Setelah memastikan artikel kita berguna, perlu diperhatikan juga bahwa tulisan kita bukan hasil copy paste dari sumber lain. Percuma kita membuat artikel yang berguna jika itu merupakan hasil mengcopy dari orang lain. Mesin pencari google sangat membenci artikel copy paste. Dari segi SEO, dipastikan artikel ini sangat buruk. Mari belajar membuat artikel sendiri. Meski dari segi kosa kata masih kurang bagus, tetapi tetap lebih kearah unique content, ini yang disukai google.

Optimasi blog supaya SEO Friendly

Dari sebuah blog biasa (standart), kita bisa mengoptimasinya sehingga bisa menjadi blog yang SEO friendly. Ada begitu banyak cara optimasi yang bisa kita kerjakan. Saking banyaknya, tidak mungkin saya bisa membahasnya dalam satu postingan. Untuk tahap awal, anda bisa melihat beberapa artikel SEO di blog ini. Bisa dilihat di beberapa artikel disini.

Melakukan Blogwalking

Blogwalking adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan traffik blog/website. Dengan memberikan komentar, ini bisa menarik perhatian pengunjung blog tersebut untuk balik berkunjung. Tak jarang juga pengunjung lain juga berlaku sama.

Menulis artikel di website dofollow

Mengenai website dofollow, sudah pernah saya bahas pada tulisan ini : cara mengetahui blog dofollow. Setelah submit artikel tersebut, maka kita bisa membuat link keluar ke arah blog kita. Secara kontinyu, trafik dari website tersebut akan mengalir terus ke arah blog kita.

Sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan trafik blog/website. Tetapi cara-cara diatas sudah cukup menjadi senjata ampuh melakukan tugas ini. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment