Sunday, July 15, 2012

Cara Membuat Artikel di Squidoo, Part 1

Selamat datang kembali kawan di blog sederhana 'cara bagaimana'. Setelah pada artikel sebelumnya kita mengenal apa itu Squidoo dan konsep mendapatkan trafik dari squidoo, kali ini blog 'cara bagaimana' ingin berbagi pengalaman bagaimana cara membuat artikel di Squidoo. Perlu dipahami bahwa dari artikel inilah trafik gratis dari squidoo bisa kita dapatkan.

Di dalam Squidoo dikenal ada istilah lenses. Lenses ini berisi modul-modul yang bisa kita isi dengan artikel yang ingin kita buat. Dalam satu lense, bisa kita isi dengan banyak modul yang sesuai dengan tema lenses. Semisal kita ingin membuat lenses dengan tema SEO, maka di dalam lenses tersebut bisa kita isi berbagai artikel yang sesuai dengan SEO.

Lense Squidoo


Berikut ini adalah langkah membuat artikel di Squidoo :

1. Silahkan Login dulu ke akun Squidoo.

2. Dibagian kiri atas akan terlihat bagian : logout, dashboard, help and tips, start a lens.

3. Klik bagian start a lens. Maka kita akan masuk ke halaman berikut ini :

Page lenses

Pada bagian ini kita disuruh untuk memberikan judul dari lenses yang ingin kita buat. Misal pada tahap ini saya memberikan tema tentang SEO, maka saya ketik SEO pada page ini. Tapi jika ternyata nama yang kita ketikkan itu sudah ada yang membuat, maka kita cari nama lain. Semisal saya menggantinya dengan : Tips dan Trik Tentang SEO

4. Pada step 2 kita disuruh mengisi hal yang lebih detail dari lenses yang ingin kita bangun. Coba perhatikan contoh dari lenses yang saya buat dibawah ini :



5. Pada step ke 3, kita disuruh untuk mengisi tag yang cocok untuk tema lenses kita. Bisa dilihat contoh dari lenses yang saya bikin dibawah ini :



6. Pada step ke 4, kita disuruh memilih dengan cara bagaimana uang dari squidoo akan disalurkan. Oh iya, perlu diketahui bahwa selain kita mendapatkan trafik gratis, di squidoo kita juga bisa mendapatkan dollar. Kalau ada waktu, ingin sekali blog ini membahas bagaimana squidoo menghasilkan dollar ke rekening paypal kita. Tapi lain kali yah!.



7. Dan akhirnya lenses Squidoo sudah berhasil kita buat. Maka tampilan awalnya akan seperti gambar berikut ini :



Baiklah, ini adalah tahap pertama dalam membuat artikel di Squidoo. Pertama kita membuat lenses, dan tahap berikutnya adalah kita mengisi lenses ini dengan artikel yang sesuai. Tunggu postingan saya berikutnya yah!

Salam blogger.

17 comments:

  1. Ynag park 2 mana Gan.
    http://wildan-nw.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. ditunggu ulasannya berikitnya soalnya saya pun juga pengen bisa membuat artikel di squidoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih. pengen membahasnya lebih mendalam, cuma belum punya waktu nih. :)

      Tunggu yah.

      Delete
  3. Mampir lagi Gan, menanti park 2, apa park 2 masih belum di tulis ya. Sayang Gan. Ane coba di nulis di squidoo susah di kira spam terus, haduh. :)
    http://wildan-nw.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, beberapa kali saya juga mengalami gagal publish. Dikira sebagai spam.

      Sepertinya saya harus membuat artikel part 2 nya. Cuma masih sibuk nih ^_^

      *membuat artikel tentang squidoo ini butuh sedikit research.

      Delete
  4. saya gagal terus mau posting gmn caranya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tips : Pastikan itu tulisan sendiri, berisi pengalaman pribadi. Kalau tips dan trik yang sudah pasaran di internet, biasanya gagal publish. Oh iya pastikan juga menggunakan bahasa inggris yah.

      Soalnya kalau pakai bahasa indonesia, pengalaman saya suka gagal.

      Delete
  5. saya pernah nyoba tuk buat artikel di squidoo tapi karena step2nya sangat ribet jadinya nggak berhasil
    trims penjelasannya, sangat ngebantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama mbak Rina. Semoga artikel ini bermanfaat.

      Delete
  6. makasih infonya mas... ini salah satu blognya juga ya yang inspiasicoffe.. mau nanya bang... bagaimana cara posting artikel kita di squidoo.. saya udah daftar, tapi gak tahu mulainya gimana....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu. di tulisan ini kan udah dikasih tahu bagaimana membuat artikel / lense di Squidoo. :)

      Delete
  7. btw ini engga bisa masukin link ya gan di squidoo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya sudah ndak bisa memasukkan lagi di link squido. Tetapi kita bisa memasukkan link ke luar dari widget 'link' yang disediakan. Lumayan, kita bisa memasukkan beberapa link untuk mendongkrak backlink ke blog utama kita.

      Delete
  8. tanya pak kalo di squidoo.com kita harus buat artikel berbahasa inggris atau boleh pake bahasa indonesia aja? thx

    ReplyDelete