Friday, July 20, 2012

Cara Mengetahui Sebuah Blog Dofollow

Banyak diantara kita para blogger yang mungkin akan tergiur dengan sebuah tawaran backlink gratis. Yah, sebuah tawaran yang menjanjikan diberikan oleh sebuah blog dofollow. Jelas, ini karena blog dofollow memberikan backlink gratis kepada semua blog yang meninggalkan jejak komentar di blognya. Hal inilah yang membuat banyak blogger berlomba-lomba untuk mendapatkan sebuah backlink gratis ini. Tak jarang malah kualitas komentar yang dihasilkan seringkali masuk dalam kategori spam. Komentar spam yang pasti banyak membuat pemilik blog dofollow tidak suka, sehingga rata-rata pemilik blog dofollow akan mengaktifkan moderasi komentar. Sehingga komentar yang sesuai dengan tema yang dibahaslah yang akan lolos moderasi.

Setiap jangka waktu tertentu biasanya banyak blogger yang akan sharing tentang blog-blog dalam kategori dofollow. Tentu dengan embel-embel pagerank yang membuat ngiler. Namun sebagai blogger yang cerdik, kita juga musti tahu apakah blog tersebut benar-benar blog dofollow ataukah sudah berubah menjadi nofollow karena alasan tertentu. Jangan sampai kita sudah bersemangat memberikan komentar dengan niat untuk mendapatkan backlink dofollow, malah berakhir sia-sia.

backlink dofollow


Maka kali ini saya akan sharing bagaimana caranya mengetahui bahwa sebuah blog itu kolom komentarnya dofollow ataukah bukan. Baiklah langsung saja kita memanfaatkan salah satu browser yakni firefox. Silahkan buka salah satu add-ons firefox yang bernama NoDoFollow.

diagram dofollow


Setelah add-ons NoDoFollow sudah diinstall, maka silahkan kunjungi blog yang ingin kita test apakah blog tersebut dofollow atau nofollow. Klik pada bagian home, kemudian klik lagi bagian nodofollow. Maka akan ada tampilan link keluar berwarna biru dan merah. Untuk bagian yang merah, itu adalah nofollow. Sedangkan untuk warna biru langit, itu adalah link dofollow. Coba teman-teman perhatikan gambar berikut ini :

contoh dofollow


Selamat mencoba kawan. Semoga tulisan ini bermanfaat. Salam blogger!.

6 comments:

  1. Terima kasih gan, tulisan yang sangat bermanfaat. Jadi tahu gimana caranya tahu sebuah blog itu nofollow atau dofollow.

    ReplyDelete
  2. Baru faham mengenai dofollow thanx infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama. Semoga artikel saya ini bisa bermanfaat. :)

      Delete
  3. add-ons cuman buat mozila aja ya gan...kalo buat crome gimana?

    ReplyDelete