Saturday, April 7, 2018

Cara Efektif Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

Dulu saya sering kali mengalami apa yang disebut dengan insomnia atau susah tidur. Biasanya ini terjadi jika saya tidur terlalu malam atau ada beberapa masalah yang membebani kepala. Jika saya belum tidur juga sebelum jam 10 atau 11, maka biasanya saya akan susah tidur hingga jam 2 pagi. Tentu ini menjadi masalah besar buat saya. Apalagi jika ini terjadi pada hari-hari kerja. Jika masalah susah tidur itu terjadi pada weekend, tentu tidak terlalu menjadi masalah karena esok harinya adalah hari libur. Saya bisa mengganti jadwal tidur pada pagi hari atau siang hari. Jika esok harinya adalah hari kerja, tentu badan akan terasa capek dan tidak bersemangat dalam bekerja. Tapi mohon tetap tenang, disini saya akan membahas bagaimana mengatasi susah tidur atau insomnia. Semoga pembahasan dibawah ini bisa membantu anda.

cara mengatasi kurang tidur atau insomnia

Mengubah Kebiasaan Tidur

Gaya hidup bisa jadi sumber masalah terbesar dari penyakit susah tidur yang sedang anda hadapi. Kalau dalam kasus saya, gejala susah tidur itu dikarenakan saya tidur terlalu larut malam sehingga untuk tidur kembali merasa sulit. Hal ini bisa diakibatkan oleh rasa takut atau kecemasan. Rasa cemas misalnya ada hantu atau pencuri. Maka solusi-solusi berikut ini bisa menjadi referensi untuk dilakukan :

~Tidur di Awal Waktu Satu solusi yang saya bisa lakukan adalah dengan membiasakan tidur cepat di awal waktu. Saya kemudian mulai mengganti jadwal tidur sekitar jam 9 malam. Solusi lain adalah mematikan lampu kamar tidur, sehingga kamar menjadi lebih gelap dari biasanya. Mata lebih mudah untuk terlelap ketika tidak ada hal yang mengganggu syaraf mata. Lampu yang terang bisa menjadi hal yang mengganggu syaraf mata untuk istirahat.

Tidur di awal waktu adalah cara agar mudah tidur

~Mematikan lampu Kamar Tidur Tentu beda orang bisa jadi berbeda cara penyelesaian. Coba dicari masalah yang bisa menyebabkan anda susah tidur. Apakah anda suka menyalakan lampu ketika ingin tidur? atau anda membiarkan televisi tetap menyala ketika ingin tidur? hal-hal kecil seperti ini bisa menjadi akibat dari insomnia atau susah tidur.

~Mandi atau Bersihkan Badan Sebelum Tidur Menjaga badan tetap segar adalah salah satu cara untuk membuat kita mudah tertidur. Coba bandingkan ketika badan masih berkeringat atau bau, pasti terasa tidak nyaman. Kualitas tidurpun biasanya juga akan berkurang. Maka menjaga badan agar tetap bersih adalah salah satu cara untuk membuat tubuh kita nyaman untuk segera beristirahat. Pastikan juga untuk menggosok gigi sebelum tidur.

~Jangan Biarkan Perut Lapar atau Kekenyangan Sebelum Tidur Mungkin ada banyak orang yang tidak bisa tidur dalam kondisi perut kosong atau lapar. Nah, pastikan anda makan terlebih dahulu pada waktu sore hari, sehingga ketika waktunya ingin tidur, perut tidak dalam kondisi kosong dan cukup terisi makanan. Tapi Jangan pula perut dalam kondisi kekenyangan, karena hal ini juga tidak baik. Ketika kondisi perut terlalu kenyang, maka organ di dalam perut masih bekerja maksimal untuk mencerna makanan. Padahal kita dalam kondisi ingin tidur, tentu hal ini bisa bisa membuat kita sulit untuk tidur.

Mengubah Gaya Hidup

Gaya hidup juga menjadi faktor yang sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur kita. Orang yang suka berolahraga akan lebih mudah tertidur jika badannya lelah. Orang yang banyak pikiran dan masalah juga akan sering mengalami susah tidur.

mengatur pola hidup dan gaya hidup atau lifestyle

~Jangan Stress Banyak dokter atau psikiater yang menyarankan untuk mengurangi tingkat stress pada pikiran pasien yang mengalami gangguan sulit tidur atau insomnia. Stress bisa menjadi faktor dominan yang membuat orang susah tidur. Maka cara terbaik adalah menyeimbangkan pola hidup. Letakkan masalah pada tempatnya. Jangan bebani pikiran terhadap masalah terlalu dalam. Sesekali pergi untuk liburan bersama anak-anak dan keluarga besar ke tempat yang bisa menurunkan tingkat stress.

~Olahraga yang Teratur Olahraga adalah cara terbaik untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Dengan berolaraga secara teratur akan membantu siklus tidur kita menjadi lebih baik. Tubuh akan merespon dari kegiatan olahraga kita dengan tidur berkualitas. Orang yang mengalami insomnia biasanya mereka adalah orang-orang yang jarang berolahraga. Jika anda adalah orang yang sibuk, cari olahraga ringan yang bisa dilakukan dengan mudah seperti jalan pagi, atau bersepeda ke kantor, atau sekedar senam sebentar di sela-sela pekerjaan.

manfaat jalan pagi bagi kesehatan

~Jauhi Merokok Sudah menjadi rahasia umum jika merokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Bahkan di dalam iklan rokok sekarang ini ditunjukkan gambar tengkorak dan tulisan Merokok Membunuhmu!. Dari sini kita bisa melihat bagaimana bahayanya meroko bagi kesehatan. Rokok adalah stimulan, dia bisa membuatmu tetap terjaga apalagi jika dikonsumsi beberapa saat sebelum waktu tidurmu. Orang nekat adalah orang yang tahu bagaimana bahaya merokok, tetapi tetap mengkonsumsinya dengan alasan-alasan tertentu.

~Hindari Alkohol Meskipun bagi sebagian orang, alkohol bisa membantu agar mudah tertidur, tetapi pada dasarnya dia mengurangi kualitas tidur kita. Alkohol juga dapat merusak siklus tidur kita.

Konsultasi ke Dokter

Jika gejala insomnia sudah terlalu akut, segera konsultasikan kepada dokter spesialis. Dengan keahliannya, dia dapat memberikan saran-saran yang bermanfaat kepada anda yang mengalami gangguan tidur. Tentunya jika tingkat gejalanya masih rendah dan belum berbahaya, cara-cara yang sudah dijelaskan diatas bisa dicoba terlebih dahulu sebelum pergi ke dokter.

berdoa sebelum tidur

Terakhir, jangan lupa berdoa sebelum tidur dan minta kepada Allah agar dimudahkan dalam tidur sehingga besok hari bisa segar kembali. Hal ini yang seringkali dilupakan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.



No comments:

Post a Comment