Monday, November 12, 2012

Cara Membuat Kopi Enak dan Lezat

Saya bukanlah maestro coffee yang memiliki talenta membuat kopi yang super lezat. Tapi kali ini saya ingin berbagi tips bagaimana kita yang tidak memiliki kemampuan, bisa sedikit lebih mengerti bagaimana cara membuat kopi yang nikmat. Tentunya semua memiliki selera yang bermacam-macam. Selera saya sangat mungkin berbeda 180 derajat dengan anda. Tapi tak ada salahnya anda mengintip sejenak bagaimana saya membuat kopi dengan cita rasa sesuai lidah saya.

Bagi penikmat kopi sejati, mereka kebanyakan menyukai kopi dengan tanpa campuran bahan lain. Dalam bahasa kita, lebih dikenal dengan kopi hitam. Orang di pedesaan jika kita tawari kopi sachet yang dijual di toko-toko, pasti mereka seringkali menolak. Apalagi kalau bukan karena mereka sudah terlanjur menikmati sensasi kopi hitam dengan cita rasa yang khas itu.

Nenek saya di desa suka membuat kopi sendiri. Caranya dengan membeli biji kopi terbaik yang dijual di pasar kecamatan. Kemudian mengeringkannya di bawah terik matahari. Setelah mengering, maka kopi tersebut ditumbuk dengan campuran beras yang sudah digarang sebelumnya. Kopi kering tersebut juga ikut digarang bersama beras tadi. Setelah warna sudah mulai menghitam dan memancarkan aroma yang khas, maka kopi dan beras tersebut sudah siap untuk di tumbuk.

Untuk menikmati cita rasa kopi pedesaan, anda bisa coba cara membuat versi saya. Pertama-tama tuangkan satu sendok kopi yang sudah ditumbuk tadi. Kemudian tuangkan air mendidih ke dalamnya. Aduk sampai kopi benar-benar bercampur dan matang. Setelah beberapa menit lamanya, kita bisa menambahkan gula pasir sesuai selera. Atau anda juga bisa merebus kopi tersebut dengan air sampai mendidih, baru kemudian ditambah gula. Menurut saya pribadi, kopi yang direbus memiliki cita rasa yang khas yang membuat ketagihan.

cara membuat kopi yang enak dan lezat


Kalau kita bertanya orang-orang yang ada di warung kopi, kita bisa mendapat kesimpulan bahwa sebenarnya bukan masalah dari jenis kopi yang memberikan rasa nikmat, tapi lebih kepada bagaimana cara kita menikmatinya. Berkumpul dengan tetangga kanan kiri sambil ngobrol tentang ternak sapi dan kambing. Itulah sensasi menikmati kopi. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

10 comments:

  1. Hi to every body, it's my first go to see of this webpage; this weblog consists of amazing and in fact good data designed for readers.
    My weblog ... super-ogorod.7910.org

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung disini raja artikel :)

      Delete
  3. makasih gan atas infonya, di coba ah kayanya mantap nih..

    ReplyDelete
  4. setiap pagi saya selalu minum kopi
    trims atas tips membuat kopinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas @Toni .

      Saya sendiri juga suka minum kopi di pagi hari. Bahkan sebelum sarapan. Rasanya gimana kalau belum minum kopi.

      Salam kopi lover.

      Delete
  5. Terimakasih informasinya, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. mesin kopi : senang rasanya jika tulisan saya bisa bermanfaat bagi orang lain.

      Delete