Sunday, July 29, 2012

Cara Menambahkan Recent Comment Loading Cepat

Untuk sebuah blog, kolom komentar menjadikan blog kita lebih komunikatif. Blog yang memiliki jalinan interaksi yang baik antara pemilik blog dengan pengunjung menjadikan blog itu lebih berkualitas di mata google. Jadi sebisa mungkin pemilik blog harus menjawab setiap komentar yang masuk, sehingga interaksi bisa berjalan. Banyak blogger sering mengabaikan hal ini karena mungkin cukup malas melakukannya. Dia lebih memperhatikan bagaimana membuat tulisan yang berkualitas daripada menjawab setiap komentar yang masuk.

Bagi pemilik blog, untuk melihat apakah di blognya sedang ada komentar yang baru diharuskan untuk login terlebih dahulu. Namun tentu rekan-rekan blogger tahu persis bahwa ada widget yang menyediakan kolom untuk melihat beberapa komentar terbaru. Namun, widget yang disediakan secara default oleh google ini cukup sering membuat blog loadingnya lama. Padahal salah satu teknik SEO yang cukup
terkenal adalah bagaimana membuat loading blog kita sesingkat mungkin. Sehingga akan membuat nyaman pengunjung yang datang ke blog kita.

Sebenarnya ada cara yang lain yang bisa kita gunakan untuk mengganti widget komentar bawaan google itu. InsyaAllah cara ini dijamin tidak akan mengurangi kecepatan loading blog secara signifikan. Yakni membuat kolom komentar (recent comment) dengan memanfaatkan feed. Bagi pemilik blog, kolom komentar memudahkan melihat apakah blognya sedang ada komentar baru ataukah tidak. Sedangkan keunggulan dari penggunaan feed adalah kecepatan akses yang sangat cepat.

Feed adalah sebuah format data bertipe XML yang digunakan untuk memberi tahu pengunjung tentang update terbaru dari sebuah blog. Dengan memanfaatkan feed, maka pengunjung diharapkan tidak rugi secara bandwidth. Baiklah, langsung saja bagaimana caranya menambahkan recent comment dengan memanfaatkan feed.

1. Silahkan masuk/login dulu ke dashboard blogger kita.
2. Kemudian masuk ke dalam 'rancangan / tata Letak'.
3. Silahkan pilih 'elemen'.
4. Kemudian kita pilih 'tambah gadget'.
5. Pilih 'feed'.
6. Masukkan url feed kita dengan alamat berikut ini, lalu klik 'lanjutkan'.

http://caranya-gimana.blogspot.com/feeds/comments/default

Ganti alamat blog berwarna biru diatas dengan alamat blog anda. Selamat mencoba :).

No comments:

Post a Comment